Peringatan “Hari Batik Nasional”

Foto : tema Hari Batik Nasional tahun 2019 SM Negeri 13 Semarang

SAMPANGAN – Setiap tanggal 2 Oktober, bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Nasional. Hari Batik Nasional ini diperingati ketika batik memperoleh pengakuan dunia yaitu dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2009, yang merupakan salah satu badan di PBB. Organisasi ini menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia tak benda atau intangible cultural heritage.

Agar supaya budaya batik tidak pudar, luntur dan redup maka pemerintah pusat maupun pemerintah daerah menghimbau untuk terus melestarikan batik, yaitu memalui berbagai macam cara, mulai dari membudaya memakai seragam batik bagi siswa-siswi sekolah serta membudaya mengenakan seragam batik di lingkungan kerja, khusus pada saat peringatan Hari Batik Nasiaonal, biasanya diadakan berbagai kegiatan, seperti pameran batik, pelatihan membatik dan lain sebagainya.

Pada peringatan Hari Batik Nasional tahun 2019 ini SMP Negeri 13 tidak mau ketinggalan dalam memeriahkannya. pada hari tersebut ketika siswa-siswi datang kesekolah, di depan doorlop sudah disambut gerbang dengan asesoris atau hiasan dari pernak-pernik batik,

foto : semacam gerbang atau gapura yang di buat menggunakan pernak-pernik batik yang bernuansa etnik.

setelah melewati gerbang batik siswa-siswi dihadirkan sebuah tempat yang mirip booth photo, yang di tempat tersebut bisa di pakai untuk berfoto-foto. ditempat ini banyak yang ber-foto ria, mulai dari guru-guru sampai siswa-siswi tak mau ketinggalan untuk ber-foto-foto di tempat ini.

selain itu siswa juga diajak melakukan kegiatan menggambar batik masal, yang diikuti semua siswa-siswi kelas VII, VIII, dan IX. mereka melakukan kegiatan tersebut dengan berkumpul di depan kelas masing-masing, siswa-siswi dengan sangat antusias mengikuti acara tersebut, berbagai macam corak batik digambar oleh siswa-siswi dengan menggunakan alat gambar yang bermacam-macam juga.

foto : siswa sedang asik melukis batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *