Kegiatan “OUT DOOR” Kelas VII Ke Coca Cola Amatil Indonesia (Semarang Plant)

foto : Kunjungan siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 13 Semarang ke PT. Coca Cola Amatil, pada hari Rabu 25 Septemnber 2019

Bawen – Sekolah merupakan salah satu tempat untuk melaksanakan proses berjar dan mengajar antara guru dan siswa/murid, yang secara umum dilaksanakan di dalam ruangan atau kelas. akan tetapi proses pembelajaran supaya bervariatif hendaknya tidak melulu dilakukan didalam kelas atau di sekolah saja, melainkan bisa dilakukan di luar kelas atau sekolah. bisa dengan melakukan pengamatan langung dilapangan.

Dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang bervariatifnya SMP Negeri 13 Semarang mengadakan kunjungan ke sebuah perusahaan, biasanya untuk SMK disebut dengan “Kunjungan Industri” sedangkan untuk Perguruan Tinggi biasa disebut dengan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). dalam kegiatan ini SMP Negeri 13 Semarang memberi nama “Out Door” yang mempunyai maksud yaitu belajar diluar kelas dan langsung ke objek pembelajaran. dan tentunya kegiatan ini bukan hanya sekedar kegiatan jalan-jalan, melainkan untuk memberikan wawasan serta bekal pada siswa supaya mereka tau apa-apa saja yang dilakukan di suatu perusahaan atau pabrik.

Kegiatan “Out Door” ini diikuti oleh siswa-siswi kelas VII (Tujuh ) sebanyak 285 Siswa dan 24 orang Pendamping dari guru dan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 25 September 2019 dengan menggunakan armada Bus Pariwisata sebanyak 6 Armada Bus, tujuan kali ini SMP Negeri 13 Semarang mengunjungi pabrik minuman Ringan Coca-Cola yang terletak di daerah Bawen Kabupaten Semarang. Coca-Cola merupakan perusahaan yang tidak hanya bermain di skala nasional tetapi juga bermain di skala internasional, yang pabriknya tersebar di seluruh dunia.

Sesampainya dilokasi, para peserta diajak menuju ke Ruang pertemuan/aula yang dijamu dengan minuman ringan yang merupakan salah satu produk dari Coca-Cola, acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Coca-Cola menyusul kemudian sambutan dari pihak SMP Negeri 13 Semarang. acara berikutnya adalah nonton bareng film Coca-Cola yang bertema sejarah berdirinya Coca-Cola serta Proses Produksi Coca-Cola.

Setelah kegiatan di aula selesai, tiba saatnya tour keliling pabrik Coca-Cola. di dalam pabrik siswa-siswa dapat melihat bagaimana proses produksi Coca-Cola dijalankan termasuk pencucian botol untuk minuman ringan. dalam perjalanan pemandu tour menjelaskan bahwa dalam proses produksi semua dilakukan oleh mesin sedangkan manusia hanya sebagai supervisior atau pengawas saja, jadi tidak diperlukan banyak tenaga manusia selama proses produksi.

Setelah selesai tour pabrik, siswa menuju kantin untuk membeli oleh-oleh khas Coca-Cola. setelah itu dilanjutkan perjalanan pulang ke SMP Negeri 13 Semarang.

untuk melihat aktivitas selama kegiatan silakan klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *